Life’s Most Creative Teacher

Hi !

Kawan taukah kamu siapa guru yang paling kreatif di dunia? apakah guru kesenian, guru psikologi, guru olahraga, guru bahasa, well bukan semua, apasih guru yang paling kreatif dan kenapa harus paling kreatif ? hmm, menurut gw guru yang paling kreatif yang kita punya di dunia adalah mistakes ! ya kesalahan-kesalahan yang kita telah buat yang kita perbuat sekarang ataupun kesalahan yang akan kita buat nanti, kesalahan adalah satu satunya guru yang ga bisa dimiliki dua orang yang berbeda hanya kepada satu orang yang sama, mungkin terlihat seperti guru yang sama pada kesalahan yang serupa, tapi selalu pada kesempatan, waktu dan cara penyelesaian yang berbeda, betul? kenapa paling kreatif? kesalahan selalu memiliki cara unik dan ide yang tak terbatas akan waktu ia datang, bagaimana ia hadir, kesalahan selalu memberikan tingkat kesulitan yang selalu berbeda yang membuat kita selalu mencari cara yang berbeda untuk menyelesaikannya, menguji batas maksimal kita yang tanpa kita sadari bisa kita lampaui dengan bantuan kesalahan, kreatif karena ia guru yang paling spontan di dunia mungkin awalnya kita rasa berat, kecewa, menyesal tapi pada akhirnya mungkin satu minggu, bulan atau tahun kedepan kamu bakal tersenyum bangga akan apa yang telah kita lampaui sesuatu yang kita tidak mengetahui sama sekali bahwa sesuatu itu telah membawa perubahan besar pada hidup kita dan telah menjadi sesuatu yang bisa kita sebarkan kepada orang lain bukan kah ini hal baik?

“a Life Spent Making Mistakes is not Only Honourable but More Useful Than a Life Doing Nothing” George Bernard Shaw

Tuh seorang Legend writer mengakui kalau kesalahan itu sangat berguna dan membuat kita lebih bijak dalam menjalani hidup kedepan, tapi boleh curhat memang ada beberapa tempat yang mistake is not tolerated sama sekali contoh tempat kerja gw, yang dipaksa sempurna dalam melakukan apa yang kita lakukan, mungkin serupa di tempat kerja temen-temen juga, hal ini sangat sungguh gw sayangkan, kenapa? well mereka benar bahwa zero mistake means kita kerja bener, hati-hati, teliti, etos kerja kita mumpuni lah istilahnya bahwa zero mistake akan melancarkan seluruh operasional dan keberhasilan misi satu team, tapi lihat dari sudut pandang lain bahwa dengan tidak ditolerir nya sebuah kesalahan memunculkan masalah baru yaitu takut melakukan kesalahan, produktifitas menurun, bekerja jadi kurang nyaman dan hal terburuknya, hal terburuknya kita jadi takut melakukan hal-hal baru yang mungkin akan jadi terobosan cemerlang dan akan sangat menguntungkan, gw ingetin kata-kata Einstein.

“Anyone Who Has Never Made a Mistake Has Never Tried Anything New”

Ini vital banget kalo kita takut mencoba hal-hal baru yang timbul dari rasa ingin tahu kita, akhirnya kita ga pernah tau dan akhirnya kita kalah sama orang lain yang dare to take risks, kita tidak berkembang dan we are going nowhere, stuck and reversed betapa membosankannya hidup, bukankah dunia dan seisinya ini adalah perpustakan yang penuh dengan buku kehidupan yang ga akan selesai kita baca seumur hidup kita? ada alasan lain kenapa orang takut buat salah yaitu takut dicap jelek takut dianggap kredibilitasnya jelek, ga bisa diandalkan blah blah blah, inget kawan “your mistakes are meant to guide you, not define you” kesalahan bukan nunjukin siapa diri kita sebenernya, tapi siapa diri kita sebenernya ditunjukan saat kita menyelesaikannya, semua orang melakukan kesalahan dalam hidup tapi bukan berarti dia akan dicap jelek  seumur hidupnya karena kesalahan yang ia lakukan, terkadang bahkan orang paling hebat dan bijak pun melakukan hal yang buruk ,ini bukan berarti mereka buruk ini berarti mereka adalah manusia. tau apa perbedaan seorang master dan pemula, seorang master telah melakukan kesalahan yang lebih banyak daripada percobaan yang seorang pemula pernah lakukan, ingat baru kesalahannya belum ditambah dengan percobaan dan keberhasilannya.

“Show Me a Person Who Has Never Made a Mistake and I’ll Show You Some Body Who Never Achieved Much” Joan Collins 

pernah denger penemu yang ga pernah salah dan gagal sedikitpun? atau usahawan murni yang ga pernah salah perhitungan dan gagal sedikitpun? pernah denger cerita anak pengidap autism yang selalu lalai dalam pelajarannya yang dicap ga punya masa depan dan selalu gagal yang memiliki quote “hanya orang-orang gila yang mengharapkan hasil berbeda akan tetapi menggunakan cara-cara yang sama”ya ia adalah Albert Einstein , atau kisah seseorang yang pernah bilang “saya tidak gagal, saya hanya amemiliki 10 ribu cara yang tidak akan berhasil” seseorang yang gagal mempopulerkan ribuan penemuannya gagal mempatenkan penemuannya dan akhirnya dicuri oleh Thomas Edison ya orang itu Nikola Tesla. well kesalahan ga menuntun kamu kepada kegagalan tapi menuntun kamu kepada kebenaran. tapi kawan ingat bukan berarti menganjurkan selalu berbuat salah no gw tegasin, its okay if we make mistakes selama kesalahnnya berbeda karena jika kita melakukannya berulang kali itu bukan kesalahan tapi pilihan berbeda sama sekali.sering kali kita mengabaikan kesalahan sampai akhirnya melakukan kesalahan yang sama berulang ingat lagi, melakukan kesalahan berulang adalah sebuah pilihan.

terakhir, gw bukan seorang penemu yang melakukan kesalahan ribuan kali, bukan pula business man yang telah melakukan kesalahan ribuan kali pula, gw atau kita pasti melakukan kesalahan itu lah yang membuat kita berada dimana kita sekarang tanpa kita sadari batas-batas yang kita pikir kita ga bisa lewatin atau ga kepikiran kita akan terjun sama sekali ke situ tapi well disini lah kita berada, semua berkat kesalahan kita dan yang terpenting bukan seberapa banyak dan besar kesalahan kita tapi seberapa banyak kita telah membantu inspiring orang sekitar kita mengenai kesalahan yang kita lakukan untuk membuat diri kita dan orang lain menjadi lebih baik.

Advertisements
This entry was posted in January 2016. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s