The Reason Your Boss So Bossy

Hi !

Kalo ngomongin tentang boss, honestly apa yang ada di benak temen-temen? nyebelin? seenak udel sendiri? baik, kebapak-an? suka marah-marah ga jelas? oke oke memang itulah sifat alami kebanyakan boss di belahan dunia manapun, karena memang begitulah mereka diciptakan dengan sifat menyebalkan, sama sekali ga ada bagus-bagusnya atau sebaliknya, baiknya kebangetan atau kombinasi keduanya kadang baik kadang kumat, ada sebuah quote menyatakan.

“There are two types of a boss, first who keen interest in your development, meet you regularly, keep door open, delegate appropriately, second who leaves you alone”

Well well selalu ada alasan mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan, taukah kamu kalau mereka para, boss kita memiliki sifat dominan either kuat sifat dominan nya ataupun lemah sifat dominannya mereka pasti memilki sifat ini ntar gw jelasin sifat macam apakah ini, faktanya hanya sekitar 3% dari populasi dunia yang memiliki sifat doiminan, data terakhir jumlah populasi dunia sekitar 7,3 miliar juta jiwa dan dominant people hanya sekitar 21 juta jiwa dan memang bisa keliatan toh simple nya memang boss jumlah nya lebih sedikit dari jumlah karyawan right? hmm kenapa gw angkat topik ini karena fakta akan kelangkaan jenis manusia ini dan kekurang pengetahuan kita tentang sifat mereka seringkali bahkan selalu menimbulkan konflik di pekerjaan ataupun di kehidupan sehari-hari. kita yang ga ngerti akan sulit bergaul dengan tipe dominan jujur sulit banget bergaul bahkan ngedeketin pun sulit, baiklah nih gw kasih sifat-sifat dasar boss kalian yang memiliki sifat dominan.

  • Suka memaksakan kehendak
  • Tidak suka mendetail
  • Tidak suka bertele-tele straight to the point
  • Tidak mempertimbangkan perasaan orang lain
  • Cenderung negative thinking
  • Pendendam akut
  • Tidak sabaran
  • Keputusannya sering gegabah
  • Suka berdebat mencari kemenangan bukan kebenaran
  • Tidak suka di kritik tapi suka mengkritik
  • Selalu ingin memegang kendali
  • Omongannya pedas dan tajam

Terdengar menyeramkan dan ga ada bagus-bagusnya ya haha, itulah mengapa Tuhan menciptakan orang-orang dengan tipe ini dalam jumlah paling sedikit dibandingkan tipe lainnya, but seriously ada ngga sih sifat-sifat di atas dalam diri boss kamu? tanpa bisa dielakan itulah sifat natural yang Tuhan berikan, kalo dalam diri boss gw of course pasti ada, gw pernah kerja bareng dengan boss yang aneh-aneh sifatnya for example my current boss, memang selalu ada good boss yang bisa kita jadikan contoh dan bad boss yang bisa kita pelajari mengapa disebut bad dan jangan kita contoh, remember to never waste a good opportunity to learn from a bad boss. sampai suatu saat kita diposisi mereka kita sudah tau what to do dan what not to do, orang-orang kebanyakan bilang ada boss dan ada pula leader, dua hal ini sama sekali berbeda, menurut gw boss itu yang memang tercipta dengan sifat alami dominan yang sulit diubah selalu mengatur dengan segala ke saklek-annya dan leader yang dia mulai dari bawah dan relatif lama berada di bawah mampu mempelajari lingkungan dan mampu menghargai lingkungan kerjaan secara detail dan secara sensitif mengayomi dan akhirnya ia layak menjadi boss, a better boss.

“people ask the difference between a leader and a boss, the leader leads and the boss drives” Theodore Roosevelt

Keduanya adalah pemimpin tapi seperti tadi yang gw bilang leader mampu memimpin dan menuntun jalan tapi boss mengarahkan dengan segala intruksi-instruksinya, apasih inti dari boss mengapa ada seorang boss? tentunya untuk menentukan tujuan, membuat strategi, memimpin jalan, mengatur orang-orang dan mengawasi kemajuan agar misi yang dituju mencapai keberhasilan, tanpa boss bagai kapal tanpa captain yang mengatur kita menuju suatu tempat tanpa boss semua orang ingin mengatur akhirnya akan pecah melakukan misi dengan cara masing-masing dan akhirnya tidak akan berhasil menyelesaikan satu tujuan, agree? dibalik semua kenegatifan yang nampak mengerikan dalam sifat mereka pasti ada sifat-sifat positive dalam diri mereka ya pasti lah ada kan Tuhan adil, ini beberapa sifat yang menjadikan mereka pantas disebut boss.

  • Bergerak terencana dan orientatif
  • Pengabdi setia
  • Menyelesaikan masalah secara kreatif
  • Bisa diandalkan
  • Fokus akan tujuan

Sedikit sih tapi itu yang gw tangkep dan memang penting banget dan harus ada dalam setiap jiwa seorang boss, well intinya pahami sifat mereka supaya kita bisa kerja bareng dengan mereka dan kita jadi paham kenapa mereka berbuat seperti itu, beberapa saran dari gw, nanti kelak kalau kamu dalam situasi perdebatan dengan mereka, ingat mereka berdebat untuk mencari kemenangan entah seberapa salahnya dan benarnya argumen kamu mereka ga peduli intinya jangan mematahkan argumentasi mereka dan jangan mengritik opini mereka, kita tinggal mengiyakan dan memberikan opini kita dengan tidak memaksakan agar mereka berpikir suatu saat nanti dan melihat kelak mana yang benar, lalu jangan sekali-kali ngomong bertele-tele yang muter-muter dulu sebelum ke intinya, kebanyakan tipe dominan bakal nge-cut celotehan kamu dan langsung nanya, intinya apa? karena mereka orangnya straight to the point itu sedikit dari saran gw bagaimana menghadapi boss dengan tipe dominan dan it works for me, remember kalian harus menerima sifat mereka ini bukan salah mereka, mereka hanya dititipkan sifat seperti ini oleh Tuhan, kadang kita cape ngehadepinnya udah males sama tingkah dan ulahnya udah fed up lah pokoknya, boleh guys kita ngeluh tapi jangan berlarut-larut cukup saat itu aja kalo berlarut-larut kita yang lebih dirugikan trust me, just be professional in whatever you do.

“True confidence leaves no room for sheer desperation, when you know you are great you have no need to hate”

Just accept the reality, adjust your attitude dan belajar sebanyak-banyaknya dari mereka ambil semua ilmunya kan gitu-gitu pengalamannya lebih dari kita, kalo kita musuhin kita ga bakal dapet apa-apa bener tidak? bukankah kita kerja mencari pengalaman dan pelajaran? terakhir gw juga punya sedikit saran buat temen-temen yang punya sifat dominan dan udah jadi boss atau calon boss, untuk agar selalu mencari cara yang tepat dalam segala hal yang berhubungan dengan inferior atau subordinate kalian, perlu belajar mengendalikan amarah, lebih mengakui kesalahan, lebih peka akan hal-hal sekitar yang terjadi di lingkungan. semoga kita bisa menjadi boss yang lebih baik dari boss kita sebelumnya amin, terakhir pesan dari gw, jika kamu ga suka akan suatu hal ubahlah kalo kamu ga bisa mengubahnya, ubah attitude kamu berhenti mengeluh maka kamu akan tidur nyenyak.

Advertisements
This entry was posted in February 2016. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s