World Without Tesla

Hi!

Suatu hari dalam perjalanan menuju rumah terdengar lantunan suara om Ryan Tedder di ear set, nyanyiin lagu Secret original soundtrack Sorcerers Apprentice yang dimana ada satu scene memperlihatkan Tesla Coil yang arus listriknya dibuat menjadi alunan instrument musik lagu tersebut. Tetiba terpintas bayangan om Nikola Tesla itu sendiri dan menimbulkan pertanyaan, “What would the world be, Without Tesla?” 

“I have been feeding pigeons, thousands of them for years. But there was one, a beautiful bird, pure white with light grey tips on its wings; that one was different. It was a female. I had only to wish and call her and she would come flying to me.
I loved that pigeon as a man loves a women, and she loved me. As long as I had her, there was a purpose to my live.” – Nikola Tesla

Siapakah Tesla ini?, adalah seorang yang terlahir di Kroasia dan akhirnya lebih memilih menjadi warga negara Amerika, Dropped out student dalam engineering career, berkali-kali hampir wafat akibat kolera yang ia derita dalam 9 bulan bed rest, sempat mengidap Nervous Breakdown. Menguasai 8 bahasa. Menurut testimoni temannya ia biasa hanya tidur 2 jam perhari, Tesla tidak pernah menikah ia bersikeras bahwa hal ini akan menggangu pekerjaannya, salah satu kutipannya diatas yang sarat akan emosi membuat gw beranggapan dia adalah seniman, semua hasil karyanya adalah pekerjaan seni.

” I do not think you can name many great inventions that have been made by married men” – Nikola Tesla

Masih belum menjawab siapa Tesla? Ok, saat gw sekolah dulu gw di doktrin kalo Edison lah father of Electric Age, Edison lah penemu lampu. Setelah gw ga sekolah barulah gw sadar, Edison hanya seorang CEO di perusahaannya, seorang yang buru-buru mematenkan apa yang pekerjanya temukan, buru-buru menjual apa yang pekerjanya temukan, lampu ditemukan oleh hasil karya 22 pekerjanya, dan The real Father or Electric Age is Tesla, ingat Tesla dalam awal karirnya bekerja untuk Edison.

“His (Edison) method was inefficient in the extreme, for an immense ground had to be covered to get anything at all unless blind chance intervened and, at first, i was almost a sorry witness of his doings, knowing that just a little theory and calculation would have saved him 90 per cent of the labor. But he had a veritable contempt for a book learning and mathematical knowledge, trusting himself entirely to his inventor’s instinct and practical american sense. In view of this, the truly prodigious amount of his actual accomplishments is little short of a miracle” – Nikola Tesla

Tesla memiliki kurang lebih 300 Hak paten worldwide, ia dijuluki ‘Mad Scientist’ karena penemuan-penemuan di luar nalar, ada satu penemuannya disebut wireless remote control, saat itu dalam peragaan di depan publik pertama ia mencoba menggerakan sebuah Boat menggunakan wireless remote control, tanggapan orang-orang yang melihatnya berkata bahwa ia menggunakan telepati, bahwa ia adalah seorang magician, bahwa didalam perahu tersebut ada kera yang dilatih untuk menggerakannya. Wajar tanggapan aneh muncul karena hal ini baru pertama terjadi, ia sempat mengajukan kepada US military tentang temuannya bahwa ia bisa membuat torpedo bisa dikendalikan, tetapi mereka pada saat itu tidak menunjukan ketertarikan. Beberapa penemuan lainnya adalah, pada tahun 1893 Tesla berhasil mengirimkan Wireless message pertama atau radio yang pernah manusia lakukan, tapi Marconi yang dapet Patent nya di tahun 1903.

“Marconi is a good fellow, let him continue. He is using seventeen of my patents” – Nikola Tesla

Tesla juga yang pertama melakukan experiment X-Ray dan ia berhasil mendapatkan photo X-ray tangannya, tetapi patent X-Ray diambil oleh Roentgen, Tesla pula yang menemukan Electrical Experimenter atau sonar yang mampu mendeteksi kapal selam atau sumber mineral. Tesla adalah penemu Radio Astronomy pertama yang mampu menangkap sinyal dari luar bumi pada saat itu dianggap tidak begitu penting. Ia pula penemu transistor, hydro electric, lampu neon, biplane atau pesawat yang mampu lepas landas secara vertical bukan diagonal dan masih banyak penemuan lain yang tidak berhasil ataupun berhasil ia paten kan.

” I don’t care that they stole my idea… I care that they don’t have any of their own” – Nikola Tesla

Ada dua penemuannya yang dianggap berbahaya pada masa itu yaitu pertama Tesla Death quake atau Tesla Oscillator, pada saat ia mendemonstrasikan temuannya ia terpaksa menghentikan mesinnya karena ia menyadari bahayanya yang mampu membuat gempa dalam skala besar dan tidak pernah melanjutkan temuannya, kedua Adalah Tesla Death Ray atau Tesla Laser Beam, senjata laser yang mampu menembak jatuh objek besar dari jarak yang sangat jauh.

Dari semua penemuannya itu yang paling kita rasakan adalah pertama Induction Motor yang gw rasa pasti ada disetiap pabrik di muka bumi ini, kedua yaitu Alternating Current, Alternating current that powers every home on the planet, tidak seperti Dirrect Current milik Edison, Alternating Current memiliki power yang lebih kuat menghantarkan listrik lebih jauh dan memerlukan kabel yang jauh lebih tipis dengan kata lain sangat jauh lebih effisien dibanding Direct Current yang memerlukan kabel tebal dan memerlukan Power Plant di setiap 2,5 km, ga kebayang kalo yg kita pake di jalan-jalan itu Direct Current berapa banyak power plant yang harus dibuat.

Tidak banyak orang tau bahwa ilmuan yang memilih Sphere sebagai objek geometri favoritnya ini diikabarkan menolak untuk mendapatkan Nobel Prize pada tahun 1915 tanpa alasan yang pasti. Jelas Tesla adalah Scientist favorit gw karena dibekerja bukan untuk harta atau tahta, ia bekerja simply for the future of humanity.

” let the future tell the truth, and evaluate each one according to his work and accomplishments. The present is theirs; the future, for which i have really worked, is mine” – Nikola Tesla

Tesla memiliki suatu bakat alami yaitu Photographic Memory, ia tidak menulis atau menggambarkan rancangan karyanya di kertas ia menyimpannya dalam otaknya dan mampu mengambil kembali gambaran tersebut secara detail persis. Ia memiliki nomer rahasia yaitu 3, 6 dan 9 menurut rekannya ia selalu memutari hotel tempat ia tinggal selama 3 kali sebelum masuk.

” If you only knew the magnificence of the 3, 6 and 9, then you would have the key to the universe” – Nikola Tesla

Gw bukan seorang Chemist, physicist ataupun practical engineer, gw cuma merasa sedih bahwa ia terlahir di waktu yang sama sekali tidak tepat, dan tidak menyangka manusia pada masa itu sangat primitif yang tidak mengetahui sama sekali apa yang Tesla kerjakan selama ini sampai ia wafat ada banyak rahasia yang terkubur olehnya yang belum ada ilmuan lain mampu memecahkan rahasia tersebut, salah satunya adalah rahasia Wardenclyffe Tower atau ‘free energy tower, lalu rahasia yang di simpan FBI mengenai temuannya yaitu alat anti radar yang menggunakan kekuatan Getaran pada kapal laut yang ternyata malah membuat kapal tersebut menghilang beberapa saat dan muncul kembali di titik kordinat berbeda yang menurut penuturan saksi mata satu awak mereka seperti memasuki worm hole. Satu quote terakhir yang masih menimbulkan pertanyaan besar yang akan terus genius-genius saat ini gunakan

” If you want to find the secrets of the universe, think in terms of energy, frequency and vibration” – Nikola Tesla

Tesla wafat pada januari 1943 di usia 86 tahun akibat coronary thrombosis, di kamar hotel nomor 3327 kamar sama yang telah ia tempati beberapa dekade, meskipun ia memiliki ratusan hak paten ia tidak menjualnya untuk memiliki harta melimpah justru ia wafat meninggalkan beberapa hutang sebuah kontradiksi besar yang gw rasa ga akan ditemukan di jaman sekarang.

Well can you now imagine the world without Tesla?

Advertisements
This entry was posted in April 2016. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s